Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia yang memiliki hamparan alam yang sangat indah, dan makanan khas yang terkenal enak. Ibukota dari provinsi Sumatera Utara ini memiliki beragam kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan rasa yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi. 5 kuliner khas kota Medan tersebut antara lain:

  1. Bika Ambon
Bika Ambon kuliner khas Kota Medan

Dari namanya banyak yang tidak menyangka makanan ini adalah kuliner khas kota Medan. Bika Ambon terbentuk dari bika atau bingka yang dicampur dengan nira sebagai bahan pengembang yang menjadikan tekstur makanan ini berongga. Bika Ambon ini tersedia dalam beraneka rasa seperti cokelat, keju, durian dan pandan.

  • Soto Keswan

Soto Keswan menjadi salah satu kuliner khas Medan yang menyajikan soto dengan kuah yang gurih dan menggiurkan. Soto ini berisi udang, daging sapi, paru kering dan ayam kampung dengan tekstur daging yang mudah dikunyah dan empuk. Selain itu, campuran rempah-rempah yang digunakan membuat sajian semakin semarak ketika disantap.

  • Mie Gomak

Gomak memiliki arti menggenggam, sehingga dapat disebutkan penyediaan mie gomak dengan cara digenggam menggunakan tangan. Sebutan lain dari makanan ini adalah spaghetti ala batak. Mie ini dapat disajikan dalam dua pilihan yaitu mie gomak goreng dan mie gomak kuah. Khusus untuk mie gomak kuah dicampur dengan kuah berwarna kuning dengan isi sayuran labu siam atau sawi.

  • Ubi Tumbuk

Kuliner khas kota Medan yang wajib dan harus dicoba ketika berkunjung ke kota tersebut adalah ubi tumbuk. Ubi tumbuk berbentuk sayuran gulai ini berasal dari daun singkong yang diolah dengan santan, dan ditumbuk sampai halus menggunakan lesung sederhana. Hasil tumbukan tadi kemudian dioseng menggunakan rempah-rempah sehingga memiliki aroma yang khas. Penyajian gulai ubi tumbuk ini akan terasa lebih nikmat bila disertai dengan sambal tuktuk. Untuk mendapatkan ubi tumbuk tidaklah sulit, karena setiap rumah makan pada umumnya menyediakan sayuran tersebut.

  • Itak Gurgur

Makanan yang sering digunakan sebagai persembahan kepada roh leluhur ini memiliki arti mendidih. Arti tersebut merupakan sebuah harapan bagi yang menyantap itak gurgur agar memiliki semangat ketika menikmatinya. Makanan ini berasal dari campuran tepung beras, kelapa muda yang diparut dan gula pasir. Terbuat dari bahan yang sederhana, cara penyajian makanan ini pun tak kalah sederhana. Itak gurgur ini dibentuk dan memiliki ukuran sesuai dengan genggaman tangan yang membuatnya

Lima daftar kuliner khas kota Medan diatas menjadi beberapa kuliner yang menggiurkan dan enak untuk dicoba. Selain itu, beberapa masakan khas kota Medan yang sangat kaya akan rempah-rempah menambah semarak dan nikmat ketika menyantap sajian tersebut.