Wisata Kuliner – Yogyakarta merupakan salah satu  tujuan wisata favorit bagi para turis. Selain karena tempat wisatanya, kuliner di kota ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tidak heran jika banyak orang menjadikannya sebagai destinasi wisata kuliner karena banyak makanan khas dari Yogya yang jarang atau bahkan tidak dapat Anda temui di kota lain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan tersebut, berikut 5 kuliner khas Yogyakarta.

  • Gudeg
Gudeg Jogja

Yang pertama dari 5 kuliner khas Yogyakarta adalah gudeg. Makanan yang sudah terkenal bahkan sampai ke mancanegara ini, merupakan satu makanan wajib yang perlu Anda coba ketika berwisata di Yogya. Gudeg mempunyai dua jenis yaitu kering dan basah. Gudeg kering yang biasanya dijual menggunakan kendil serta dapat bertahan cukup lama. Gudeg jenis ini biasa dijual ketika pagi hingga menjelang siang sebagai sarapan. Sedangkan gudeg basah adalah jenis gudeg yang memiliki kuah. Berbeda dengan gudeg kering, gudeg ini tidak dapat bertahan lama. Gudeg basah biasa dijual pada malam hari sebagai makan malam.

  • Sate Klatak

Anda pasti tahu dan tentunya pernah menikmati sate. Namun berbeda dengan sate lainnya, sate klatak ini cukup unik. Jika pada umumnya sate ditusuk dengan bambu, jenis sate yang satu ini ditusuk menggunakan jeruji besi roda. Dengan tusuk berbahan besi yang mudah menghantarkan panas maka pembakaran pada sate akan lebih sempurna sehingga terdengar suara “klatak-klatak”. Oleh karena itu sate ini dinamakan sate klatak.

  • Oseng-oseng Mercon

Kuliner khas Yogyakarta satu ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas. Oseng-oseng mercon terbuat dari daging sapi yang ditumis dengan cabai rawit, sehingga menimbulkan aroma khas yang kuat. Dihidangkan dengan nasi panas, kuliner ini cocok untuk menemani malam Anda di Yogyakarta.

  • Bakpia

Berbeda dengan kuliner-kuliner sebelumnya yang cocok untuk menemani liburan Anda ketika di Yogyakarta, bakpia lebih tepat untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk saat ini, banyak produsen bakpia yang telah mengembangkan kuliner khas Yogyakarta ini. Jika dahulu isi bakpia hanya kacang hijau, sekarang terdapat bakpia yang berisi keju, coklat, hingga ubi ungu.

  • Walang Goreng

Jenis makanan terakhir dari daftar 5 kuliner khas Yogyakarta ini tergolong unik dan tidak biasa. Seperti namanya, walang goreng adalah belalang yang digoreng sampai kering. Makanan ini mengandung protein yang tinggi serta memiliki rasa yang gurih di seluruh bagian tubuhnya. Anda dapat menemukan kuliner ini di daerah Gunung Kidul.

Daftar kuliner di atas merupakan makanan yang wajib dicoba ketika berwisata di kota Yogyakarta. Pastinya rugi jika tidak mencobanya karena Anda tidak akan menemukan 5 kuliner khas Yogyakarta tersebut di kota lain.