Makanan Halal di Bali – Bali merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain terkenal akan pariwisatanya bali juga sangat terkenal akan kulinernya. Namun meski begitu bagi seorang muslim untuk mencari kuliner yang halal di Bali bukanlah hal yang mudah. Sebagai daerah yang mayoritas beragama Hindu, tentu menu-menu kuliner disini tidak sedikit yang dilarang konsumsi bagi para muslim. Maka dari itu, jika berkunjung ke pulau Dewata ini, Anda wajib mengetahui beberapa tips kuliner halal di Bali berikut ini.

Tips Mencari Kuliner Halal di Bali

  • Agar lebih pasti akan kehalalan makanan, Anda dapat memilih restoran fastfood
Kuliner Halal di Bali

Tips yang pertama ini, langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika mencari kuliner halal. Anda bisa memilih restoran cepat saji yang ternama seperti McDonald, KFC, AW dan lain-lain. Sebagian besar restoran cepat saji ini sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga aman bagi Anda. Jika Anda mengunjungi tempat tersebut Anda tidak perlu khawatir akan kehalalannya.

  • Selidiki dulu menu-menunya

Tips Kuliner halal di Bali yang kedua adalah ketika Anda pergi tempat makan, selidiki dulu menu-menu yang disediakan. Jika Anda melihat menu atau papan nama makanan yang mungkin menggunakan kalimat asing seperti Pork, Bak, Char Siu lebih baik Anda jangan memilihnya karena makanan tersebut mengandung babi.

  • Cari rumah makan padang atau warteg

Rumah makan padang atau warteg bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipilih. Pasalnya, kedua tempat makan ini menyediakan menu-menu halal. Selain halal, tempat makan ini juga menghidangkan menu-menu yang lezat dengan harga yang cukup terjangkau. Ada banyak pilihan menu yang disediakan tempat makan ini, layaknya rumah makan padang dan warteg umumnya.

  • Jangan malu bertanya

Sebagai wisatawan, Anda tentu tidak boleh malu untuk menanyakan menu-menu yang ada di sebuah tempat makan. Tanyakan langsung ke pihak resto apakah mereka menyediakan makanan halal atau tidak. Selain makanan yang mengandung babi, makanan yang diolah dengan wine juga patut Anda hindari. Jadi, jangan malu untuk menanyakan halal tidaknya menu-menu yang ada di restoran sebelum memesan.

  • Memilih restoran yang tertera label halalnya

Tips yang terakhir adalah restoran atau tempat makan halal yang ada di Bali akan memberikan sebuah tAnda halal pada sebuah papan nama yang tercantum di depan. Sehingga para pelancong yang mencari kuliner halal di Bali dapat berkunjung dan dapat makan disana.

Itulah beberapa tips kuliner halal di Bali yang bisa Anda coba. Meski mayoritas penduduknya menganut ajaran Hindu, makanan halal masih dapat Anda temukan disana. Yang penting Anda jangan ragu untuk mencari informasi yang pasti tentang tempat makan mana yang halal di Bali.