Wisata Kuliner – Makassar merupakan suatu kota di Indonesia yang terkenal akan budaya dan wisatanya, termasuk wisata kulinernya. Berbagai kuliner Makassar yang khas sangat tepat untuk Anda masukan ke dalam daftar makanan yang perlu dicoba. Belum lengkap rasanya jika mengunjungi kota Makassar namun tidak mencicipi makanan khasnya tersebut. Untuk lebih lanjut, berikut 9 kuliner khas Makassar yang akan menggugah selera makan Anda.

  • Sop Konro
sop konro Kuliner Khas Makassar

Sop konro merupakan hidangan berupa iga sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah seperti asam jawa, kayu manis, serta kuwalak. Dengan kuah yang memiliki rasa dam aroma yang khas, kuliner ini cocok untuk menemani hari Anda ketika berada di Makassar.

  • Coto Makassar

Hidangan yang satu ini berupa daging berkuah. Penggunaan rempah-rempah yang khas dapat memanjakan lidah Anda. Dalam penyajiannya, biasanya Coto Makassar didampingi dengan buras atau ketupat.

  • Jalangkote

Jalangkote sangat mirip dengan pastel pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah isinya. Dalam makanan ini berisikan kentang, wortel, telur, dan daun bawang. Jalangkote juga cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh setelah berkunjung dari Makassar.

  • Pisang Epe

Pisang epe adalah pisang kepok yang dibakar kemudian disiram dengan campuran air daun panda serta gula merah. Penambahan durian yang direbus hingga mengental semakin menabah cita rada kuliner satu ini.

  • Es Pisang ijo
es pisang ijo

Berbeda dengan pisang epe, Kuliner Makassar satu ini berupa pisang kepok yang telah dilapisi dengan tepung beras warna hijau dan disajikan dengan es serut dan sirup. Es pisang ijo sangat tepat untuk mendinginkan hari Anda ketika cuaca panas.

  • Pallu Basa

Pallu basa memang agak mirip dengan Coto Makassar jika dilihat sekilas. Namun, perbedaannya ada pada penggunaan santan kental sebagai kuah serta penambahan telur dan kelapa parut sangrai untuk isi dari hidangan ini.

  • Mie Titi

Dalam daftar kuliner khas Makassar ternyata ada yang berbahan dasar mie. Mie titi ini adalah makanan yang dibuat dari mie keriting dilengkapi dengan sayuran dan seafood. Penggunaan rempah khas akan menimbulkan rasa yang berbeda dengan jenis kuliner mie lainnya.

  • Kapurung
kapurung wisata kuliner khas makassar

Kapurung berbahan dasar tepung sagu yang disiram dengan kuah serta dilengkapi dengan potongan terong ungu, ayam suwir, dan berbagai sayuran hijau seperti pakis, kangkung, dan katuk. Rugi jika ke Makassar tidak mencoba makanan ini karena jarang ditemukan di tempat lain..

  • Sarabba

Berbeda dengan sebelumnya, kuliner Makassar yang satu ini berbentuk minuman. Sarabba merupakan minuman yang sehat dan berkhasiat. Campuran jahe, kuning telur, santan, kayu manis, pala, dan gula merah di dalamnya mampu menghangatkan tubuh dan menjaga stamina.

Itulah 9 kuliner Makassar yang perlu Anda coba. Akan terasa rugi jika melewatkan satu saja makanan khas tersebut ketika berwisata di Makassar.