Kuliner Bali – Berlibur ke Bali adalah salah satu tujuan favorit bagi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Melihat hamparan laut yang luas dan menginjakan kaki di tepi pantai adalah impian bagi sebagian orang. Selain karena tempat wisata dan budaya lokalnya yang terkenal, ternyata pulau bali juga menyimpan wisata kuliner yang menarik. Berikut adalah daftar 6 kuliner khas Bali yang wajib kamu coba saat berlibur disana.

  • Sate lilit
Sate Lilit Khas Bali

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata “sate”? Berbeda dengan sate pada umumnya, daging dari sate lilit khas Bali ini terbuat dari daging ikan atau babi (di sebagian restoran bali tetap ada yang menyediakan daging ayam) namun yang paling populer adalah daging ikan dan babi. Daging tersebut tidak langsung ditusukkan, namun dicincang terlebih dahulu kemudian diberi bumbu baru setelah itu dipanggang.

  • Babi guling
Babi Guling Khas Bali

Meskipun ini adalah salah satu menu yang tidak halal bagi umat muslim, namun menu ini adalah salah satu dari 6 kuliner khas Bali yang tersebar luas dan banyak dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Terbuat dari daging babi yang perutnya diisi dengan bumbu yang meresap dan dipanggang dengan cara diputar atau digulingkan sampai warnanya berubah menjadi coklat.

  • Ayam betutu
Ayam Betutu Kuliner khas Bali

Masakan ini adalah masakan yang sering kita jumpai di semua daerah nusantara karena terkenal dengan pembuatannya yang unik. Ayam betutu dibuat dengan proses lumayan lama. Perut ayam kampung yang dibelah dan dimasukan bumbu rempah-rempah dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang selama 24 jam.

  • Lawar

Lawar terbuat dari sayu-sayuran yang dipadukan dengan daging cincang dan dicampur dengan bumbu khas Bali yang membuat rasanya sangat nikmat. Umumnya bagi yang digunakan adalah daging babi cincang, namun ada juga varian lain yaitu dari daging bebek entog (kuwir) atau lebih dikenal dengan lawar kuwir.

  • Tipat Blayag

Menu ini mirip dengan ketupat namun berbentuk lonjong bukan persegi, tipat blayag adalah makanan khas buleleng, makanan ini biasanya dicampur dengan olahan tepung beras dan rempah yang dicampurkan. Kuahnya yang kental membuat bumbunya meresap kedalam setiap gigitan.

  • Nasi Jinggo
Nasi Jinggo

Menu terakhir dari daftar 6 kuliner khas Bali ini memang tidak semewah menu-menu diatas, namun menu ini akan selalu diingat karena mudah didapat. Nasi jinggo hanya berukuran sekepalan tangan saja dibungkus dengan kulit pisang dengan diisi daging ayam suwir dan beberapa tambahan lain seperti tempe dan sambal yang pedas.

Itulah tadi daftar 6 kuliner khas Bali yang wajib kamu coba saat berlibur di pulau Bali dan membuat kamu akan tetap ingat dengan pulau dewata ini.