Wisata Ngehits diJogja – Jogja merupakan kota besar di Indonesia. Saat mengunjunginya, banyak histori yang melekat pada Kota Pelajar ini, entah itu tempat wisatanya, kuliner, perbelanjaan atau masyarakatnya yang ramah.

Omong-omong tempat wisata di Jogja. Candi Borubudur dan Prambanan sudah barang tentu masuk wish list utama kunjungan banyak orang yang baru kali pertama ke Jogja. Namun faktanya, sekalipun tak ada keduanya, tempat wisata lainnya pun juga akan tetap mampu memantapkan hati wisatawan untuk mencoba liburan Ke Jogja.

Nah, tanpa banyak teori lagi. Berikut destinasi wisata di Jogja yang selalu ngehits yang akan membuat liburanmu lebih seru.

  1. Air Terjun Sri Gethuk
Wisata air terjun sri gethuk gunung kidul
Gambar: viva.co.id

Liburan Anda di Jogja bisa langsung menyegarkan diri di objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Sebuah destinasi wisata alam yang berada di Desa Wisata Blebean, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Di antara sekian banyak air terjun yang ada di Jogja, Air Terjun Sri Gethuk lebih menyita perhatian karena pemandangannya benar-benar indah. Tak sedikit yang bilang kalau pesona alamnya bak Grand Canyon yang ada di Utara Arizona, Amerika Serikat. Jika Grand Canyon bentukan alam berupa tebing terjal yang dibelah aliran sungai Callodro, maka Air Terjun Sri Gethuk dihiasi tebing-tebing karst yang dibelah sungai Oya.

Ketika berkunjung ke objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, sesampainya di tempat parkir, ada dua alternatif jalur menuju titik lokasi yang bisa Anda dipilih, yaitu tracking sejauh kurang lebih 450 meter menyusuri hamparan persawahan yang dilanjutkan menuruni 90 lebih undakan anak tangga. Atau berjalan kaki sejauh kurang lebih 300 meter menuju dermaga penyebarangan, dilanjutkan menaiki rakit bermesin yang diolah gagah dari papan dan drum bekas, kemudian mengarungi sungai Oya sekitar 7 menitan. Kayaknya seruan naik rakit yah? #hee

Yeah! Akhirnya sampai di spot utama yaitu Air Terjun Sri Gethuk yang dikelilingi tumbuhan hijau nan subur. Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian sekitar 25 meter, alirannya memiliki 3 cabang dengan 1 air terjun utama. Air terjun yang terus mengalir meski dimusim kemarau sekalipun ini ditampung oleh sungai Oya yang berada di bawahnya.

Pemandangan air terjun yang mengaliri bebatuan bertingkat ini begitu eksotis, kesejukannya dan kesegarannya benar-benar terasa karena kelamiannya masih tetap terjaga. Terkena percikan airnya pun sudah sangat segar, apalagi berada di bawah guyurannya lalu berendam atau berenang di alirang sungai Oya di hadapannya. Mengasyikkan!

  • Bukit Bintang
bukit bintang jogja
Gambar: Brillio

Tempat wisata di Jogja yang kerap diramaikan pengunjung sejak sore hari hingga malam hari ini menawarkan pemandangan taburan bintang di langit Jogja dan gemerlap lampu rumah warga, gedung-gedung di Jogja, hingga lampu jalanan Jogja. Wisata tanpa tiket ini begitu sejuk di sore hari dan romatis di malam hari. Dingin yang menyergap dari berbagai arah tak terlalu berarti saat mmenikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian bersama teman atau keluarga. Namun disarankan tetap memakai jaket saat di lokasi.

Untuk urusan santap malam tak lah sulit di Bukit Bintang, karena banyak pedagang makanan di pinggir-pinggir jalan yang menyediakan berbagai menu santap. Cafe dan restoran pun ada di tempat tersebut.

Lokasi : Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

  • Malioboro
jalan malioboro
Gambar: okezone

“Malioboro Jogja”.  Dua kata ini mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Tak hanya di kancah nasional, Malioboro sudah cukup masyhur di dunia. Makanya, tak perlu heran, jika Anda banyak menemukan turis asing berkeliaran di Malioboro.

Malioboro sebuah tempat yang tidak pernah tidur. Berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan nuansa yang Yogya banget. Suasananya selalu ramai, mulai dari siang hari hingga malam hari pun selalu ramai. Ditambah lagi dengan adanya musisi jalanan yang membuat suasana lebih semarak nan meriah. Alat yang digunakan pun begitu beragam dan unik, yakni ada yang menggunakan angklung menjadi pengiring lagu dengan bahasa Jawa yang dinyanyikan oleh para musisi jalanan tersebut.

Kala Anda menyusuri jalan Malioboro, Anda akan menemukan berbagai pusat perbelanjaan yang menjual berbagai jajanan, mulai dari kuliner khas Jogyakarta, barang-barang khas Jogyakarta, serta berbagai penginapan yang tentunya sangat terjangkau. Untuk menikmati tempat yang sudah mendunia ini, Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis, terkeculai jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir yang telah ditentukan. Biasanya Rp5.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk motor.

Lokasi : Jl. Malioboro, Kota Yogyakarta. Daerah Istimewa  Yogyakarta (DIY).

  • Rumah Teletubbies
Rumah teletubbies jogja
Gambar: IDN Times

Masih ingatkkah Anda dengan kartun teletubbies? Jika Anda penasaran dengan hunian teletubbies, Anda bisa mengunjungi Rumah Teletubbies yang ada di kawasan Piyungan, Bantul, Kota Yogyakarta. Rumah ini dikenal juga dengan sebutan Rumah Dome oleh masyarakat sekitar. Karena sesuai pelopor keberadaan rumah tersebut yakni Dome for the World dari negara Amerika.

Seperti yang Anda saksikan dalam kartun teletubbies, rumahnya berbentuk kubah, di Jogja pun, Anda akan menemukan rumah teletubies yang berbentuk kubah yang membulat. Rumah tersebut merupakan rumah Dome pertama di Indonesia. Jika di luar negeri, Anda dapat menemukannya di negara Thailand, Kenya, dan India.

Konon, mulanya rumah tersebut bukanlah objek wisata melainkan sebuah rumah pengganti bagi para korban bencana gempa dahsyat yang menimpa Jogja tahun 2006 yang lalu. Bangunan ini dirancang dengan konstruksi besi yang membuatnya tahan angin dan tahan goncangan gempa bumi. Bisa dikatakan sebagai rumah anti gempa. Kini beralih fungsi menjadi objek wisata yang cukup diminati banyak wisatawan.

Di Rumah Teletubbies terdapat maskot yang berupa teletubbies, sehingga menarik perhatian pengunjung yang datang, terutama anak-anak. Banyak di antara pengunjung yang berfoto ria bersama teletubbies. Bagaimana? Tertarik untuk mengisi liburan ditemani teletubbies? Ayo, kunjungi Rumah Teletubbies di Desa Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Wisata Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta

Sebagai Kota Pelajar, Jogja menyuguhkan objek wisata edukasi yang menyenangkan di sela liburan Anda. Taman Pintar Yogyakarta sebagai sarana rekreasi dan belajar sangat cocok untuk menambah pengetahuan serta mengasah minat dan bakat para pengunjung, terlebih anak-anak. Objek wisata ini terbuka untuk umum dan untuk rombongan belajar pun sangatlah dianjurkan. Berbagai fasilitas penunjang tersedia di tempat ini. Mulai dari food court, ruang audiovisual, area bermain, dan ruang multifungsi.

Untuk menikmati perjalanan wisata mendidik di Taman Pintar Yogyakarta ini, Anda dikenakan biaya masuk Rp15.000,- untuk dewasa dan Rp8.000,- untuk anak-anak. Taman penuh edukasi ini bisa Anda temukan di kawasan Senopati No. 13, kota Yogyakarta.

Itulah 5 tempat wisata di Jogja yang selalu ngehits.Segera persiapkan segala keperluan liburan ke Jogja!