Wisata Balikpapan – Balikpapan merupakan salah satu kota termaju di Indonesia. Kota ini tentunya tak hanya kaya akan minyaknya, tempat wisatanya pun sangatlah melimpah. Walau bukan ibukota dari Kalimantan Timur, namun ketenarannya tak kalah dengan Samarinda sebagai ibukota provinsi Kaltim

Kota yang memiliki maskot beruang madu ini memiliki berbagai destinasi wisata yang perlu diekspor dan dijamah banyak orang. Keeksotisan alam khas Kalimantan bisa Anda temukan disini. Berikut ini sederet tempat wisata pilihan di Balikpapan yang populer untuk dikunjungi.

  • Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Pertama, Anda dapat memilih wisata alam Hutan Bakau Margomulyo yang ada di Balikpapan. Hutan yang asri dengan kesegaran udaranya ini akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kawasan utama pohon bakaunya bisa Anda jelajah dengan berjalan kaki di jembatan kayu yang terbentang sepanjang 800 meter, pun jika ingin menikmati pemandangan hutan bakau dan aneka satwa dari ketinggian Anda bisa naik ke menara pandang atau intai yang tersedia.

Hutan Bakau Murgomulyo dijadikan sebagai habitat aneka satwa liar, ada berbagai jenis burung, bekantan, monyet khas kalimantan, dan masih banyak lagi. Waktu terbaik meihat bekantan adalah pada pagi hari atau menjelang matahari kembali pada peraduannya. Seru, kan?

Tak heran, hutan ini memiliki banyak peminatnya. Selain pemandangannya yang langka, hutan ini letaknya cukup dekat dari pusat kota.

Lokasinya, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapapn Barat.

  • Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Anda ingin bertemu maskot kota Balikpapan? Segera menuju Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain. Berada di Jalan Soekarno Hatta km 15, Balikpapan Utara atau berjarak ± 23 kilometer dari jalan Balikapapan-Samarinda. Dengan statusnya sebagai hutan lindung, hutan seluas sekitar 10.000 hektar ini tentu sangat kaya dengan keanekaragaman flora dan fauna. Seperti beruang madu, bekantan, orang utan, macan dahan, gaharu, ulin, bangkirai, keruing, kantong semar dan tumbuhan endemik jahe Balikpapan.

Hutan Lindung Sungai Wain yang dikategorikan wisata alam hutan hujan tropis ini menwarkan keindahan yang dimilikinya melalui beberapa paket wisata yang bisa Anda pilih, biayanya mulai dari Rp350.000,-. Di tempat ini juga tersedia tour guide  yang dapat memandu perjalanan wisata Anda, pelayanan ini disebut dengan paket Track Eko PLH Kebun Raya serta tour Mangrove dan Selok Puda.

  • Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island waterpark merupakan salah satau tempat rekreasi air terbesar di Indonesia bagian Timur. Berbagai wahan air seru disuguhkan untuk Anda dan teman wisata. Di tempat ini, Anda bisa bermain air sepuasnya. Selain itu, ada juga pertunjukkan air di panggung terbuka dan flying fox yang sangat sayang dilewatkan.

Wisata modern di Balikpapan ini berlokasi di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II, Balikpapan. Buka setiap hari. Harga tiket masuk, Senin-Jumat Rp50.000,- (Umum), Rp30.000,- (pelajar). Weekend dan hari libur lainnya Rp70.000,- berlaku untuk semua kalangan.

  • Wisata Pantai Kemala

Salah satu wisata alam terkenal di Balikpapan adalah wisata pantainya, dan Pantai Kemala adalah satu di antaranya. Pantai Kemala cukup dekat dengan pusat kota. Jadi, jangan dilewatkan begitu saja ya. Pemandangan lautnya yang indah sangat layak untuk mengisi hari libur Anda.

Hamparan pasir putihnya siap menyambut lembut setiap langkah yang datang dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat para pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Meski begitu keselamatan Anda tetap harus diperhatikan.

Pantai Kemala tak hanya menyajikan pesona pantai dan laut yang syahdu, melainkan wisata kulinernya pun siap menggoyang lidah Anda. Beragam sajian kuliner tersedia di sekitar pantai, mulai dari sajian sea food hingga sajian kuliner khas Eropa. Dijamin lidah Anda bakalan ketagihan.

Berbagai wahana permainan seru tersedia di sekitar pantai, mulai dari banana boats, jet ski, dan wahana menarik lainnya, semuanya bisa Anda nikmati dengan biaya yang telah ditentukan pihak yang bertugas, jangan malu menawar! #hee.

Memasuki area pantai Kemala tidaklah gratis, Anda dikenakan biaya masuk yang cukup murah meriah. Biaya masuknya tidak mencapai 5.000 rupiah, biaya masuk disesuaikan dengan kendaraan yang Anda bawa.

  • Wisata Pantai Lamaru

Tempat wisata di Balikpapan yang direkomendasikan selanjutnya masih berupa pantai ya guys, yakni Pantai Lamaru. Wisata pantai yang hendaknya disantap dengan baik. Pemandangan pantainya yang menawan sayang jika tidak dinikmati untuk berjemur, main pasir, main air dan fotografi. Cocok banget untuk melepaskan rasa penat dalam pikiran Anda.

Berkunjung ke objek wisata ini, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang keindahannya sangat khas, pantai yang dihiasi dengan deretan pohon cemara yang menyejukkan. Tak heran udara yang terhirup pun begitu menyegarkan. Airnya yang cukup jernih nan menyegarkan begitu mmenggoda untuk menceburkan diri, byurrrr… membuat Anda ingin berenang atau berendam sepuasnya.

Jadi, abadikan momen-mommen kece di sana sebanyk-banyaknya. Untuk itu, pastikan membawa kamera terbaik Anda dengan batrai full. Oh iya, jangan lewatkan juga romantisme sunsetnya yang memesona.

Untuk menikmati panorama pantai Lamaru ini cukup mengeluarkan 2 ribu rupiah saja. Jika membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya tambahan Rp2.500, untuk roda empat Rp5.000, dan Rp15.000 untuk bus. Harga yang tak sebanding dengan pengalaman wisata baru yang akan Anda dapatkan.

  • Wisata Pantai Manggar Segara Sari

Masih wisata pantai ya guys. Pantai Manggar Segara Sari juga merupakan satu dari sekian banyak objek wisata unggulan di Balikpapan. Tak heran, saat weekend atau musim liburan kawasan pantai penuh pesona ini dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Pantainya yang tidak terlalu dalam memungkinkan setiap pengunjung bisa puas seru-seruan main air. Pasirnya yang lembut pun siap dijadikan alas untuk berjemur. Berbagai wahana permainan juga turut meramaikan, ada jet ski, banana boat, area bersepeda, volley pantai, dan lainnya.  Sajian kulinernya juga jangan sampai ketinggalan. Banyak aneka kuliner menggoda yang dijajakan di warung yang ada di sekitar pantai.

  • Bukit Bangkirai

Terakhir, kali ini merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat dicapai dalam waktu 1,5 jam perjalanan dari Kota Balikpapan.

Bukit Bangkirai menawarkan wisata alam berupa suasana hutan hujan tropis (Tropical Rain forest) yang masih alami. Hal seru yang sekaligus mmenjadi daya tarik wisatawan adalah meniti jembatan gantung di antara celah pohon Bangkirai yang tingginya hampir 40 meter dari permukaan tanah. Ngilu, kan? Selain menguji adrenalin, dari atas jembatan tadi pengunjung juga akan dimanjakan pemandangan hutan perawan khas Kalimantan.

Itulah 7 Tempat Wisata di Balikpapan untuk Mengisi Liburan Anda. Yang mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu?