Wisata Danau Limboto – Sebagai kota yang menyandang julukan The Hidden Paradise, Gorontalo memiliki sederet suguhan destinasi wisata yang memanjakan hati dan pikiran, salah satunya Objek Wisata Danau Limboto. Sebuah destinasi alam yang dapat Anda kunjungi di sela liburan Anda.

Untuk Anda yang sudah berada atau baru berencana mengisi liburan di kota Gorontalo, Danau Limboto bisa dijadikan tujuan utama liburan Anda. Namun sebelum mengunjunginya alangkah baiknya untuk mengetahui informasi mengenai kawasan tujuan liburan Anda ini agar lebih memudahkan perjalanan dan kegiatan wisata nantinya. Nah, berikut ini ada sedikit informasinya untuk Anda. Simak sampai habis ya!

Sekilas Tentang Objek Wisata Danau Limboto

Sunset Danau Limboto

Danau Limboto merupakan danau terbesar di Gorontalo. Memiliki kedalaman antara 7 hingga 8 meter dan luasnya mencapai 3.000 hektar. Namun, kedalamannya semakin hari semakin berkurang. Berdasarkan data yang ada, tertulis pada tahun 1993, kedalaman Danau Limboto mencapai 25 meter dengan luasnya sekitar 7.000 hektar. Proses pendangkalan tersebut disebabkan karena adanya erosi di jalur sungai dan banyaknya tumbuhan Enceng Gondok yang pertumbuhannya tidak terkendali. Meskipun begitu, keberaadaan danau ini sangatlah penting dikarenakan danau Limboto menjadi salah satu ekosistem penyangga dari berbagai wilayah yang berada di sekitar Gorontalo.

Danau Limboto menjadi muara 5 sungai besar yang ada di Gorontalo yakni Sungai Molalahu, Sungai Daena, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Bone Bolango. Danau yang luas ini dihuni berbagai tanaman air, berupa enceng Gondok, teratai dan sebagainya. Selain itu, terdapat berbagai jenis ikan khas seperti ikan Dumbaya, ikan Payangga, Haluu, Manggabai, Saribu dan jenis ikan lainnya.

Ada yang unik dari danau Limboto yakni kawasannya merupakan tempat persinggahan burung-burung migrasi yang akan melangsungkan perjalanan menuju bumi bagian Selatan/ Australia. Berkunjung ke kawasan Objek Wisata Danau Limboto dengan menyaksikan jenis-jenis burung tersebut, menjadi hal yang sangat mengasyikan dan memanjakan pikiran Anda.

Kala Anda berkunjung di pagi hari, Anda akan disuguhkan semilir angin yang menyejukkan jiwa. Ditambah lagi dengan semilir aroma yang datang dari bunga-bunga tanaman air yang bermekaran. Kegiatan menarik lainnya yang dapat Anda lakukan yakni:

  • Mengelilingi sekitar danau menggunakan perahu yang tersedi di kawasan objek wisata tersebut.
  • Untuk Anda yang hobi memancing, Danau Limboto bisa menjadi alternatif dalam menghabiskan liburan Anda. Memancing ria di kala senja sembari mengantarkan matahari terbenam, menjadi momen liburan yang tak akan terlupakan dalam benak Anda.
  • Kegiatan berenang pun tidak dapat Anda lewatkan ketika berada di Danau Limboto. Seusai berenang, Anda dapat menyantap kuliner khas berupa ikan bakar segar hasil tangkapan para nelayan sekitar Danau Limboto, ada ikan gabus, mujair, nila dan masih banyak lagi. Tak sedikit juga dari wisatawan yang menyajikan makanan hasil tangkapan sendiri dari danau. Hal ini tentunya menjadi momen berharga dalam mengisi liburan Anda.
  • Selanjutnya, terdapat spot menarik yang juga sayang Anda lewatkan ketika berada di Danau Limboto. Tidak jauh dari kawasan danau, terdapat sebuah museum yang bernama “Museum Pendaratan Bung Karno”. Di museum ini, Anda akan menyaksikan foto-foto bersejarah sebagai bukti nyata saat pendaratan Bung Karno di Gorontalo pada tahun 1950-an. Bung Karno melakukan lawatan tersebut dengan menggunakan pesawat Amphibi di mana pendaratan pesawat tersebut dilakukan di Danau Limboto.

Festival Pesona Danau Limboto

Pemandangan Wisata Danau Limboto

Festival yang diadakan sekali dalam setahun ini bertempat di Pentadio Resort. Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai suguhan acara festival keren ini di antaranya pemilihan Nou dan Uti, festival layang-layang tradisional atau warga sekitar menyebutnya dengan Alanggaya, lomba perahu tradisional, pesta Kuliner tradisional, Gorontalo Gemilang Expo, Burung Berkicau, Adventure Motor Trail, Fotografi, Balap Merpati, dan lainnya. Acara festival ini biasanya dibuka dengan penampilan pawai budaya yakni penampilan berbagai pakaian adat Gorontalo.

Karena festival ini hanya diadakan sekali dalam setahun, maka Anda harus sering-sering mencari informasi agar kunjungan Anda disambut dengan suguhan festival pesona Danau Limboto yang meriah dan penuh keramaian para pengunjung.

Lokasi Danau Limboto dan Akses Menujunya

Danau Limboto berlokasi di Jl. Batudaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Berjarak sekitar 16 Kilometer dari Bandara Jallaludin, Sulawesi dan dapat ditempuh dengan menggunakan taksi atau pun mobil yang dapat disewa di sekitaran Bandara. Dari sana, Anda bisa menuju kampung Kayudurian yang ada di tepian. Di tempat ini, Anda dapat menyewa  perahu nelayan untuk berkeliling menikmati keindahan Danau Limboto. Mengenai harganya sangatlah kondisional, hal ini dikarenakan harga sewa bergantung pada kesepakatan Anda dengan si pemilik perahu.

Dengan menaiki perahu tersebut, Anda dapat singgah di beberapa objek menarik yang tidak jauh dari kawasan Danau Limboto. Objek tersebut yakni Museum Pendaratan Bung Karno dan Benteng Otanaha.

Fasilitas dan Akomodasi

Danau Limboto tidak memiliki fasilitas khusus bagi setiap pengunjung yang datang. Hanya saja terdapat beberapa penginapan seperti Pentadio Resort dan beberapa hotel lainnya yang berdiri di pinggiran danau tersebut. Bermalam di rumah penduduk pun bisa menjadi alternatif yang bagus untuk Anda.

Harga Tiket Masuk Danau Limboto

Tidak ada tarif untuk tiket masuk. Jadi, Anda dapat memasukinya dan menikmati keindahan alam Danau Limboto secara gratis.

Jam Operasional Danau Limboto

Danau Limboto buka selama 24 jam. Jadi, Anda dapat berkunjung kapan saja.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Objek Wisata Danau Limboto  yang berada di Gorontalo. Sebuah destinasi yang patut dijaga dan dilestarikan dengan baik, sehingga keindahan dan kesejukan alamnya dapat dinikmati dalam waktu yang lebih lama.