Wisata Purwakarta – Selain recommended mengunjungi waduk Jatilihur yang dibangun sejak tahun 1957 dan merupakan waduk terbesar di Indonesia, ada beberapa tempat wisata laiinnya di Purwakarta yang sedang menanti lawatanmu.

Kabupaten terkecil di Jawa Barat ini topografi wilayahnya sebagian berupa pegunungan dan perbukitan, jadi berkunjung ke Purwakarta Anda dapat dengan mudah menemukan tempat wisata, terutama wisata alamnya. Mulai dari wisata gunung, bukit, air terjun, danau, sumber air panas, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Mau tahu lebih banyaknya? Keep reading!

  • Air Terjun Cipurut

Warga sekitar kerap menyebutnya dengan nama Curug Cipurut. Merupakan Objek wisata alam Purwakarta yang akan merefresh pikiran dan tentunya menyegarkan tubuh Anda kalau bermain air guyurannya. Keindahan yang masih sangat terjaga, terbukti dengan banyaknya pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun sehingga menghasilkan udara yang sejuk. Rasa penat dan lelah pun hilang seketika.

Air terjun Cipurut memiliki 3  curug, yaitu curug utama memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan dua curug lainnya lebih landai dan biasanya dimafaatkan pengunjung untuk bermain seluncuran.

Lokasi : Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  Berjarak 30 Km dari pusat Kota Purwakarta. Wisata Air Terjun Cipurut buka setiap hari, muali 08.00 – 17.00 WIB.

HTM : Weekdays Rp5.000, weekend Rp20.000

  • Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud

Merupakan tempat wisata populer di Purwakarta karena memiliki air mancur yang disebut-sebut mirip dengan air mancur di wisata Wing of Time Singapura. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh ke “Kota Singa” untuk menikmati pemandangan berkelas ini, cukup datang ke taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud maka nuansa luar negeri bak di Singapura segera Anda dapatkan.

Taman air mancur ini dilengkapi dengan unsur light effect dan percikan api di atas air, disertai gerakan bervariasi yang disesuaikan dengan hentakkan irama musik yang menyenangkan dan tentunya menghasilkan pemandangan air mancur yang menari dengan gemulai. Nuansa romantis dari taman air ini pastinya sulit untuk dilupakan. Dijamin Anda tak menyesal menyegajakan diri liburan ke sini.

Lokasi : Negri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud yang luasnya sekitar 4 hektar ini dapat Anda kunjungi setiap hari secara gratis. Namun, untuk menyaksikan tarian air mancurnya Anda bisa berkunjung pada hari Sabtu malam pukul 19.300 – 22.300.

  • Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata untuk menambah hal-hal baru yang jarang ditemui di tempat wisata lain. Objek wisata yang terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru ini menawarkan kegiatan berpetualang menjelajah desa dengan suasana alam perbukitan dan sawah yang menghijau. Kegiatan seru lainnya yaitu memancing, panjat tebing, olahraga offroad, dan bumi perkemahan yang jangan sampai terlewatkan.

Tempat wisata Sajuta Batu kerap diramaikan oleh anak muda yang berfoto ria, serta mereka yang hunting foto untuk prewedding. Bagaimana? Tertarik untuk berlibur di Desa penuh pesona ini?

  • Kuliner Sate Maranggi

Berkunjung ke kota Purwakarta sayang sekali jika melewatkan kuliner Sate Maranggi. Menemukan Sate Maranggi di kota Purwakarta memang bukanlah hal sulit, hanya saja ada satu spot yang cukup menarik minat para pembeli, yakni Sate Maranggi yang ada di Cibungur, Purwakarta.

Sate maranggi daerah tersebut tak bisa diragukan lagi, pasalnya tak hanya pembeli asli daerah tersebut, melainkan pembeli dari luar Purwakarta pun kerap memadati tempat tersebut. Dari pada Anda penasaran, langsung aja ya berkunjung ke daerah Cibungur.

  • Wisata Sejarah Gedung Negara dan Gedung Karesidenan Purwakarta

Jika Anda ingin bernostalgia dan mengulik sejarah, tentu berkunjung ke Gedung Negara dan Gedung Karesidenan Purwakarta bisa menjadi pilihan dalam mengisi liburan Anda.

Berkunjung ke gedung ini, Anda akan menemukan sebuah bangunan dengan arsitektur Eropa yang sangat kenal. Bangunan tersebut masih digunakan hingga saat ini, tepatnya dijadikan sebagai kantor Bupati Kabupaten Purwakarta. Gedung bersejarah ini dibangun sejak masa kolonial pemerintahan Belanda pada tahun 1854.

Gedung Negara ini dapat Anda temukan di jalan Gandanegara No. 25. Adapun Gedung Keresidenan tidak kalah menarik. Gedung ini juga memiliki arsitektuk yang sangat khas dengan gaya Eropanya yang klasik. Gedung peninggalan Belanda ini sekarang dialihfungsikan menjadi Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta. Objek wisata sejarah ini cocok untuk dikunjungi para pelajar atau kaum muda.

  • Wisata Giri Tirta Kahuripan

Salah satu ikonnya wisata Purwakarta ini selalu saja ada pengunjungnya. Tentunya yang paling menyita perhatian wisatawan adalah adanyanya Skypool, yaitu sebuah kolam renang terbuka yang dibangun di atas ketinggian bukit. Jadi, sambil berenang Anda akan dimanjakan pemandangan perbukitan hijau di hadapan Anda.

Di Giri Tirta Kahuripan juga sudah tersedia penginapan berupa villa atau pun cottage. So! Kapan Anda ke sini!

Lokasi : Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Buka/Tutup : 08.00 – 17.00 WIB.

HTM : Hari biasa Rp5.000, hari libur Rp20.000.

Nah, itulah beberapa Tempat Wisata di Purwakarta yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi dalam mengisi liburan panjang. Happy travelling!